Rabu, 17 Agustus 2016

JURUSAN FARMASI


Farmasi sesungguhnya adalah salah satu cabang dari ilmu kesehatan. Hampir pada setiap FIKES, ada jurusan Farmasi, namun tidak selalu. Biasanya hanya FIKES yang punya jurusan lengkap yang membuka jurusan Farmasi seperti di UMM misalnya. Walaupun bagian dari ilmu kesehatan, Farmasi lebih berfokus pada dasar-dasar seluk beluk mengenai obat-obatan.


Kuliah di jurusan farmasi, ilmu yang dipelajari adalah berupa ilmu untuk membuat sediaan farmasi yang baik (Farmasetika, Bioteknologi Farmasi, Teknologi Sediaan Padat, Analisis Sediaan Farmasi, dll). Sediaan farmasi dapat berupa obat, bahan obat, obat tradisional, kosmetika, vitamin, sabun, shampoo, dan lain sebagainya.
Tidak sekedar itu, farmasi juga mempelajari ilmu yang berkaitan dengan tubuh manusia baik anatomi, fisiologi, patofisiologi, dll seperti ilmu biomedik, biologi sel dan molekuler, biokimia, patobiokimia, dll. Beberapa ilmu lain yang dipelajari antara lain farmakologi, farmasi fisika, mikrobiologi, dll.
Lulusan dari jurusan farmasi ini biasanya kemudian disebut dengan "Farmasisa". Gelarnya, jika berasal dari jenjang D3 adalah A.Md.Far. Jika dari jenjang S1 maka gelarnya dalah S.Farm.
Seorang farmasis kelak setelah lulus akan dihadapkan pada aktifitas atau pekerjaan yang membutuhkan ketekunan, ketelitian dan kesabaran. Maka, jika anda hendak mengambil jurusan farmasi dan menjadi farmais, persiapkanlah untuk memiliki karakter-karakter tersebut.
Selama kuliah menempuh studi di jurusan farmasi, akan menghadapi banyak legiatan penelitian, hafalan dan praktik kerja disamping kuliah reguler di kampus. Semuanya tentu saja yang berkaitan dengan pembuatan serta pemahaman seputar obat-obatan dan bahan-bahan penyusunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar